OKTAVIA, BELLA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMPN 4 TUNGKAL ULU. S1 thesis, FKIP.
Text
SKRIPSI BELLA OKTAVIA (RRA1C216013)_compressed.pdf Download (3MB) |
|
Text
0 HALAMAN SAMPUL.pdf Download (55kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (363kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) |
|
Text
8 BAB I.pdf Download (243kB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Download (120kB) |
Abstract
Oktavia, Bella. 2020. Analisis kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kognitif Field Dependen dan Field Independent dalam Pemecahan Masalah Materi Segiempat di kelas VII SMP N 4 Tungkal Ulu: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd (II) Dr. Nizlel Huda, M.Kes Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Field Dependent dan Field Independent, Pemecahan Masalah Penelitian ini bartujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa gaya kognitif field dependent dan field independent dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dari siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Tungkal Ulu yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif menggunakan instrument Group Embedded Fiegures Test (GEFT), siswa yang di ambil sebanyak 2 siswa field dependent dan 2 siswa field independent. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan Berpikir Kritis yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Dalam penelitian ini indikator kemampuan berpikir kritis yang diukur adalah Elementary Clarification (memberikan penjelasan sederhana), Basic Support (membangun keterampilan dasar), Interfence ( menyimpulkan), Advance Clarification (membuat penjelasan lanjut) dan Strategy and Tactics (Startegi dan taktik). Hasil penelitian tentang kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah menunjukan bahwa, keempat subjek memenuhi tahapan berpikir kritis Elementary Clarification (memberikan penjelasan sederhana), Basic Support (membangun keterampilan dasar), dan Advance Clarification (membuat penjelasan lanjut). Dua subjek subjek pertama dan subjek kedua tersebut tidak memenuhi tahapan Strategy and Tactics (Startegi dan taktik) dan empat subjek tidak memenuhi tahapan Interfence ( menyimpulkan). kerna dua subjek ini tidak menggunakan konsep segiempat dan konsep persegi panjang sehingga subjek pertama dan subjek kedua pada kesimpulan akhir hasilnya salah, sedangkan subjek ketiga dan subjek keempat tidak membuat kesimpulan diakhir jawabanya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | BELLA OKTAVIA |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 03:23 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15228 |
Actions (login required)
View Item |