Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Sigil Berbantuan Android pada Materi Segitiga Kelas VII SMP

Putri, Winda Sajuni (2020) Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Sigil Berbantuan Android pada Materi Segitiga Kelas VII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (671kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bagi peserta didik SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning menggunakan sigil berbantuan android pada materi segitiga kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMP Islam Al-Falah Jambi. Adapun subjek penelitian yakni peserta didik kelas VII. Hasil penelitian yakni : (1) proses penelitian pengembangan ini dilakukan sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE, (2) hasil analisis validasi materi dan desain dengan persentase berturut-turut 92,72% dengan kriteria sangat valid dan 90,47% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dengan persentase berturut-turut 94,74% dengan kriteria sangat praktis dan 86,91% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dari 29 orang peserta didik terdapat 26 orang peserta didik yang nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal dan hasil lembar pengamatan selama proses pembelajaran mendapat rata-rata persentase 95,08% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning memiliki kualitas yang baik sesuai dengan pendapat Nieveen bahwa bahan ajar yang baik memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-modul berbasis model pembelajaran discovery learning menggunakan sigil berbantuan android pada materi segitiga dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan bagi guru dan dapat menjadi sumber belajar tambahan bagi peserta didik, dan bagi e-modul ini dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembalajaran lainnya. Kata Kunci : E-modul, Discovery Learning, Sigil, Android, Segitiga

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Winda Sajuni Putri
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:59
Last Modified: 10 Dec 2020 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item