Analisis Penerimaan E-learning pada Mahasiswa Administrasi Pendidikan Menggunakan Technology Acceptance Model

Br Ginting, Fani Elviaty (2020) Analisis Penerimaan E-learning pada Mahasiswa Administrasi Pendidikan Menggunakan Technology Acceptance Model. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover fani aja PDF.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI ok PDF.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I ok PDF.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB V ok PDF.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ok PDF.pdf

Download (25kB)

Abstract

Ginting, Fani E. 2020. Analisis penerimaan e-learning pada mahasiswa administrasi pendidikan menggunakan technology acceptance model. Pembimbing (I) Ferdiaz Saudagar, S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Sophia Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Penerimaan E-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penerimaan e-learning pada mahasiswa Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi dengan menggunakan teori TAM (Technology Acceptance Model) yang dikembangkan oleh Davis (1989). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan survey cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2016-2019. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik stratified sampling, dengan sampel yang diambil sebanyak 156 mahasiswa dari total populasi sebanyak 263 yang akan menjadi responden pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu teknik analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh persepsi kebermanfaatan terhadap persepsi kemudahaan penggunaan sebesar 32,2%. 2) terdapat pengaruh persepsi kebermanfaatan terhadap penerimaan e-learning sebesar 40,3%. 3) terdapat persepsi kemudahaan penggunaan terhadap penerimaan e-learning sebesar 43,2%. 4) terdapat pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahaan penggunaan terhadap penerimaan e-learning sebesar 53,8%. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk program studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi dirasa perlu untuk lebih memperkenalkan mengenai manfaat-manfaat e-learning dalam mendukung kegiatan pembelajaran guna meningkatkan penerimaan e-learning oleh mahasiswa. LPTIK Univeristas Jambi peru meningkatkan pengembangan aplikasi e-learning dengan fitur-fitur yang mudah digunakan serta memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Bagi dosen dan mahasiswa perlu melakukan kolaborasi dan sosialisasi penggunaan e-learning dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan penerimaan e-learning.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: FANI ELVIATY BR GINTING
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:30
Last Modified: 11 Dec 2020 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item