I PERTIWI, ADELIA DEWI (2020) PENGARUH LINGKUNGAN AKADEMIS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (964kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
ABSTRAK Pertiwi, Adelia Dewi. 2020. Pengaruh Lingkungan Akademis Sekolah Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irwan, M. Pd., (II) Dona Sariani, S. Pd., M. Pd. Kata kunci: Lingkungan Akademis, Hasil Belajar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Adapun tujuan untuk diadakan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh lingkungan akademis sekolah terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer diperoleh dari menyebar angket pada siswa dan data sekunder berasal dari sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 295. Dan setelah dilakukan pengambilan sampel secara acak menggunakan metode probability sampling dengan simple random sample diperoleh sampel sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan akademis sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn. Dibuktikan dari hasil analisis regresi sederhana menunjukkan Y= 33,366 + 0,598 X, dengan t_hitung sebesar 7,817, R sebesar 0,688 dan R^2 sebesar 0,473. Harga nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,671 dan harga r_(tabel ) pada N=70 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,235, yang berarti t_hitung lebih besar dari t_tabel (7,817 > 1,671) dan R lebih besar dari r_tabel (0,688 > 0,235). Sumbangan efektif lingkungan akademis sekolah terhadap hasil belajar PPKn sebesar 47,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa lingkungan akademis sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar sekolah untuk meningkatkan kondisi suasana lingkungan akademis kearah yang lebih baik untuk membantu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Di samping itu, guru sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mesti mampu menciptakan suasana lingkungan akademis yang menarik dan menyenangkan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (I) Drs. Irwan, M. Pd., (II) Dona Sariani, S. Pd., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | : Lingkungan Akademis, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Adelia Dewi Pertiwi |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 03:56 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15264 |
Actions (login required)
View Item |