DINANTI, DESI AFRI KURNIA (2020) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR PERSONALISASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (169kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
Abstract
ABSTRAK Dinanti, Desi Afri Kurnia. 2020. Hubungan Gaya Mengajar Personalisasi Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Skripsi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Uniersitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Gaya mengajar personalisasi, Motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi, mengingat mata pelajaran PPKn adalah mata pelajaran wajib yang ada disetiap jenjang pendidikan. Serta penyampaian gaya mengajar personalisasi guru yang masih kurang baik. Adapun tujuan diadakan penelitian ini ialah untuk menguji apakah terdapat hubungan gaya mengajar personalisasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang secara umum dilakukan pada kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 dari populasi sebesar 233. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji korelasi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24, terbukti bahwa variabel gaya mengajar personalisasi (X) memberikan hubungan positif terhadap motivasi belajar (Y) kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasinya sebesar 0,478 atau berkategori sedang.Kemudianuntuk menguji signifikansi korelasi product moment dikonsultasikan pada r tabel product moment. Untuk n = 58 yang mendekati 60 taraf kesalahan 5% maka harga r tabel 0,254. Hasil korelasi menunjukkan nilai r hitung = 0,478 ≥ r tabel 0,254. Dengan demikian koefisien korelasi 0,478 signifikansi. Sehingga keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima, Terdapat hubungan signifikan antara gaya mengajar personalisasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar personalisasi guru memiliki korelasi positif dengan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 22 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Gaya mengajar personalisasi, Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Desi Afri Kurnia Dinanti |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 03:56 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15266 |
Actions (login required)
View Item |