ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 2 KELAS III SEKOLAH DASAR

saputra, ovix and Chan, Faizal and Sofwan, Muhammad (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 2 KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (310kB)

Abstract

Saputra, Ovix.“Analisis Penggunaan Media Puzzle pada Pembelajaran Siswa Pada Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran ke 2 Kelas III Sekolah Dasar”.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (2) Muhammad Sofwan, M.Pd Kata Kunci: Media Puzzle, Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi bahwa SD Negeri 55 Sridadi merupakan SD yang sudah menggunakan media puzzle pada pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang Analisis penggunaan media puzzlepada pembelajaran kelas III SD Negeri 55 Sridadi. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanaanalisis penggunaan media puzzlepada pembelajaran kelas III SD Negeri 55 Sridadi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menyajikan data keadaan yang sebenarnya dan menganalisis penggunakan media puzzle siswa kelas III pada pada pembelajaran kelas III SD Negeri 55 Sridadi. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah sebagai masukan atau informasi (referensi) dan bahan pertimbangan dalam proses kegiatan belajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan media puzzle. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III yaitudan siswa kelas III. objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media puzzle padapembelajaran kelas III SD Negeri 55 Sridadi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran ini sangat termotivasi belajar siswa, dengan menggunakan media puzzle ini proses belajar berjalan dengan baik sehingga siswa sangat bersemangat dan aktif ketika penyusunan puzzle yang dilakukan bersama dengan temannya didalam kelas. Hal ini terlihat saat guru memberikan pujian kepada siswa saat proses belajar. Guru juga memberikan hadiah yang dapat memotivasi belajar siswa serta menciptakan kondisi atau proses belajar yang membuat siswa tertarik dan bersemangat mengikuti pembelajaran yang meliputi; pemberian tugas dalam penyusunan media puzzle bersama teman.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: OVIX SAPUTRA
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:28
Last Modified: 14 Dec 2020 07:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item