PENGARUH STIMULUS TUTOR SEBAYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR KELAS XI MIPA DI SMA N 10 KOTA JAMBI

HUTAURUK, MARDALENA (2020) PENGARUH STIMULUS TUTOR SEBAYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR KELAS XI MIPA DI SMA N 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Stimulus Tutor Sebaya terhadap Kesulitan Belajar Kelas XI MIPA di SMA N 10 Kota Jambi Nama : Mardalena Hutauruk NIM : A1E114054 Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Kesulitan belajar peserta didik disekolah ditandai dengan rendahnya hasil belajar, pada umumnya tidak semua sepeserta didik terbuka terhadap guru, rasa takut untuk mengungkapkan kesulitan belajar yang dialami malah memperburuk keadaan siswa dan mengakitbatkan tidak terselesainya dengan baik masalah kesulitan belajarnya. Pelaksanaan tutor sebaya bertujuan agar siswa tidak lagi merasa enggan untuk bertanya dan mengungkapkan kesulitan belajarnya. Tujuan penelitian dimaksudkan untuk melihat pengaruh stimulus tutor sebaya terhadap kesulitan belajar kelas XI MIPA di SMA N 10 Kota Jambi yang mana kegiatan Tutor Sebaya telah dilaksanakan sebelumnya oleh pihak sekolah dan peneliti hanya melihat akibat pengaruh yang ditimbulkan. Kesulitan belajar didefinisikan sebagai segala bentuk hambatan yang dialami oleh seseorang yang menyebabkan seseorang tersebut mengalami kegagalan dalam pencapaian hasil belajar atau tidak tercapainya hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan akademik yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Stimulus Tutor Sebaya merupakan bentuk pemberian rangsangan atau dorongan yang dapat berupa pujian, angka, hadiah, dan hukuman yang diberikan terhadap individu yang menimbulkan respon dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan kemampuan teman sebaya untuk menyelasaikan persoalan. Analisis yang digunakan untuk melihat pengaruh stimulus tutor sebaya terhadap kesulitan belajar menggunakan tehnik analisis regresi, dengan jumlah sample sebanyak 32 siswa dan menggunakan tehnik total sampling. Dari hasil analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 22 dengan taraf signifikan 5% menunjukkan F hitung > F tabel atau 70,708 > 4,17 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, atau “terdapat Pengaruh Stimulus Tutor Sebaya terhadap Kesulitan Belajar kelas XI MIPA di SMA N 10 Kota”. Nilai determinasi memiliki nilai yaitu sebesar 0,702. Pada hasil tersebut mendapatkan tafsiran bahwa variabel kepercayaan diri mempengaruhi hasil belajar sebesar 0,702 atau sebesar 70,2%. Dengan ditemukannya hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh stimulus tutor sebaya terhadap kesulitan belajar siswa di kelas XI MIPA SMA N 10 Kota Jambi. Dalam setting sekolah, pihak sekolah terutama guru Bimbingan dan Konseling mempunyai peran dalam pengembangan diri siswa. Hasil pengolahan data mengenai stimulus tutor sebaya yang telah dilaksanakn di kelas XI MIPA SMA N 10 Kota Jambi dapat digunakan untuk melihat patokan seberapa efektifnya pengaruh stimulus tutor sebaya. Dengan begitu, guru bimbingan dan konseling serta pihak terkait dapat mengoptimalkan layanan dengan baik. Kata Kunci: Stimulus Tutor Sebaya, Kesulitan Belajar

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Stimulus Tutor Sebaya, Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MARDALENA HUTAURUK
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:58
Last Modified: 15 Dec 2020 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15297

Actions (login required)

View Item View Item