Weni, Weni (2020) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Korelasinya dengan Kemampuan Multipel Representasi Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.
Text
Cover.pdf Download (50kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (315kB) |
|
Text
Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf Download (108kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (31kB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkontruksi pemikirannya sendiri dengan kemampuan multipel representasi. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan multipel representasi siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan korelasinya dengan kemampuan multipel representasi siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran CTL baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan multipel representasi siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan korelasinya dengan kemampuan multipel representasi siswa dilakukan uji korelasi product moment dan uji koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran CTL oleh siswa sebesar 79,87% dengan kategori baik dan persentase kemampuan multipel representasi siswa sebesar 76,73% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model pembelajaran CTL dengan kemampuan multipel representasi siswa diperoleh rxy = 0,661064 dengan tingkat korelasi kuat. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model pembelajaran CTL dengan kemampuan multipel representasi siswa diperoleh Kd = 43,70% dengan tingkat korelasi sedang, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran CTL berjalan dengan baik dan adanya korelasi terhadap kemampuan multipel representasi siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI MIPA 4 SMAN 10 Kota Jambi. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Multipel Representasi, dan Hidrolisis Garam.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Weni |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 07:16 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15305 |
Actions (login required)
View Item |