PENERAPAN PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sari, Ryan kurnia (2020) PENERAPAN PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
COVER-dikonversi (1).pdf

Download (44kB)
[img] Text
CamScanner 12-14-2020 13.20.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (148kB)

Abstract

Sari, Ryan Kurnia. “Penerapan Metode Bisik Berantai Untuk Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Maryono, M.Pd (2) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Penerapan, Metode Bisik Berantai, Keterampilan Menyimak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bisik berantai untuk keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar dan faktor-faktorapa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat studi pustaka yaitu penelitian yang mengkaji jurnal-jurnal penelitian dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menyimak dengan menggunakan metode bisik berantai berdasarkan lapangan yang ada di artikel jurnal. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada topik metode bisik berantai dalam peningkatan keterampilan menyimak pada sekolah dasar di Indonesia yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online yang terindeks google scholar. Jumlah jurnal-jurnal yang diperoleh yaitu sebanyak 7 jurnal penelitian yang telah diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil review jurnal yang terdiri dari 7 buah jurnal yang diteliti berupa penelitian tindakan kelas dan kualitatif dari tahun 2013 hingga 2016 dapat disimpulkanbahwa penerapan metode bisik berantaiuntuk keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, bahwa yang dilakukan guru sudah sesuai dengan prosedur pembelajaran namun dalam hal pemilihan materi tidak sesuai dengan karakteristik materi metode bisik berantai. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor tujuan, siswa yang terdiri dari minat dan perhatian, situasi kondisi, fasilitas atau sarana dan prasarana, guru yang meliputi latar belakang pendidikan guru dan keterampilan mengajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ryan Kurnia Sari
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:45
Last Modified: 14 Dec 2020 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item View Item