PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP

Putri, Melia (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover.pdf

Download (209kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (308kB)
[img] Text
SKRIPSI- A1C216034 MELIA PUTRI_-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk serta mendeskripsikan kualitas media pembelajaran berbasis pendekatan STEM (science technology engineering and mathematics) menggunakan articulate storyline pada materi prisma dan limas kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Falah Jambi pada Mei 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada guru dan peserta didik, wawancara dengan guru mata pelajaran matematika, lembar observasi serta soal tes hasil belajar peserta didik. Setelah data didapatkan, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis pendekatan STEM menggunakan articulate storyline ini dapat digunakan dalam pembelajaran, serta media pembelajaran berbasis pendekatan STEM menggunakan articulate storyline ini didapatkan kualitas baik dengan dilihat dari validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Hasil validitas yang didapatkan yaitu sangat valid dengan persentase validitas materi 87,06% dan validitas media 89,47% sehingga pernyataan-pernyataan yang ada pada angket dapat mengukur ketepatan materi dan media yang ada pada media pembelajaran berbasis pendekatan STEM menggunakan articulate storyline. Hasil kepraktisan yang didapatkan yaitu praktis dengan persentase uji satu-satu (pendidik) 87,27% dan uji kelompok kecil (siswa) 80,83% sehingga guru dan peserta didik menganggap media pembelajaran berbasis pendekatan STEM menggunakan articulate storyline dapat digunakan dan mudah digunakan. Hasil kepraktisan yang didapatkan yaitu sangat efektif dengan persentase tes hasil belajar 85,71% dan berdasarkan lembar observasi kegiatan-kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik, sehingga peserta didik berhasil dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran berbasis pendekatan STEM menggunakan articulate storyline pada pembelajaran dikelas, dan disarankan kepada pembaca sebagai guru maupun calon guru untuk melakukan pengembangan media pembelajaran pada materi lainnya. Kata kunci: media pembelajaran, pendekatan STEM, articulate storyline, prisma dan limas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Melia Putri
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:30
Last Modified: 15 Dec 2020 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15314

Actions (login required)

View Item View Item