PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK SMA/MA KELAS X

Septianti, Ginta PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI UNTUK SMA/MA KELAS X. EduFisika. (Submitted)

[img] Text
Ginta Septianti-RSA1C313001-ISI ARTIKEL.docx

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan modul fisika berbasis discovery learning materi hukum Newton tentang gravitasi untuk siswa SMA/MA kelas X serta mengetahui persepsi responden terhadap modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Kota Jambi pada Mei 2017. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, angket validasi ahli desain, angket persepsi guru, dan angket persepsi siswa. Data yang telah diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik inferensial (statistik induktif). Statistik inferensial meliputi statistik parametris dan nonparametris. Statistik inferesial yang digunakan pada pengembangan ini ialah statistik parametris. Sedangkan data kualitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Modul yang dikembangkan adalah modul cetak dengan materi yang terdapat pada modul disajikan berdasarkan sintaks discovery learning. Modul berisi materi pengayaan untuk menambah wawasan siswa. Modul dilengkapi dengan contoh soal beserta pembahasannya pada setiap akhir sub-bab agar siswa dapat lebih memahami cara menyelesaikan permasalahan. Siswa dapat mengevaluasi hasil belajarnya sendiri dengan menjawab soal evaluasi dan mengecek hasilnya dengan melihat kunci jawaban pada modul setelah selesai menjawab soal. Bahasa yang digunakan pada modul ringan dan mudah dimengerti namun tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baku Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan desain. Hasil validasi terhadap materi modul adalah 4,00 dan hasil validasi terhadap desain modul adalah 3,43. Modul yang telah dikembangkan juga telah dilakukan uji coba persepsi pada guru fisika, kelompok kecil, dan kelompok besar, dengan hasil: penilaian pada guru adalah 3,89; penilaian pada kelompok kecil adalah 3,50; serta hasil penilaian pada kelompok besar adalah 3,28. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk siswa SMA/MA kelas X dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Kata Kunci: Modul, Discovery Learning, Hukum Newton tentang Gravitasi

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: GINTA SEPTIANTI
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:50
Last Modified: 24 Jul 2017 04:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item