Khusnawati, Eka (2020) HUBUNGAN ANTARA BERMAIN PERAN DENGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Download (4MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (99kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (80kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
ABSTRAK Khusnawati Eka. 2020. Hubungan Antara Bermain Peran Dengan Interaksi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ABA IV Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan Pembimbing (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Bermain Peran, Interaksi Sosial Interaksi sosial menjadi dasar bagi manusia untuk bersosialisasi, tak terkecuali anak usia dini, seorang anak usia dini untuk bisa memiliki interaksi sosial yang baik apabila diberikan kegiatan yang tepat agar dapat menstimulus dan merangsang interaksi sosialnya, salah satu kegiatan tersebut adalah bermain peran. bermain peran adalah bermain simbolik yang dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan salah satunya interaksi sosial pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain peran dengan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Jean Piaget tentang tahapan perkembangan bermain dan teori John Luwis Gillin & John Philip Gillin tentang interaksi sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah terdapat hubungan antara bermain peran dengan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi?”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara bermain peran dengan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi karena di dalam penelitian ini untuk melihat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi penelitian ini berjumlah 70 anak dan sampel penelitian ini 70 anak di TK ABA IV Kota Jambi, dan teknik penarikan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) yang di berikan kepada guru tentang bermain peran dan interaksi sosial. Analisi adata yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi pearson product moment, uji t-test. Dengan bantuan IBM SPSS Statistict 22. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa terdapat huubungan antara bermain peran dengan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi.. Dengan perhitungan dengan uji normalitas menunjukkan nilai sig 0.200 > 0.005 artinya data berdistribusi normal. Uji linearitas menjelaskan bahwa Fhitung=2.015 > Ftabel=3,13 atau dengan nilai probabilitas 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan regresi berpola linear. Pada pengujian korelasi di dapatkan koefisien rxy hitung sebesar 0,645 lebih besar dari r tabel sebesar 0,235 . rhitung > rtabel (0,645 > 0.235), dan uji t-tesr analisis pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai thitung > ttabel (6.965 > 1.995). kooefesien korelasi antara variabel X dan Y yakni bermain peran (X) dengan interaksi sosial (Y) adalah 0.645 dengan menunjukan tingkat hubungan yang kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: “terdapat hubungan korelasi yang kuat antara bermain peran dengan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Kota Jambi”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan Pembimbing (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bermain Peran, Interaksi Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | EKA KHUSNAWATI |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 06:38 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15332 |
Actions (login required)
View Item |