Pengembangan e-LKPD Berbasis Masalah dengan Scaffolding pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA SMA

Riza Kurniati. AR, Marta (2020) Pengembangan e-LKPD Berbasis Masalah dengan Scaffolding pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (565kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI (MARTA RIZA KURNIATI. AR).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 11 Kota Jambi dalam memahami materi reaksi redoks. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mendesain bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik elektronik untuk membantu peserta didik dalam belajar, mengembangkan konsep, melatih peserta didik menemukan, memecahkan masalah, dan mampu belajar secara mandiri maupun berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis masalah dengan scaffolding pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMA yang layak menurut ahli, serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap lembar kerja peserta didik elektronik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Model Desain Instruksional Hannafin & Peck yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu tahap analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi dimana setiap tahap melibatkan evaluasi dan revisi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru dan diujicobakan kepada peserta didik sebanyak sepuluh orang siswa kelas X MIPA SMA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk dinyatakan baik dan sesuai oleh ahli materi dan ahli media. Dari hasil penilaian produk oleh guru diperoleh sebesar 86,3% dan dikategorikan sangat baik. Hasil analisis angket respon peserta didik menunjukkan persentase sebesar 83,7% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah pengembangan e-LKPD berbasis masalah dengan scaffolding dinyatakan layak, valid, dan dapat diterapkan sebagai bahan ajar di sekolah karena telah memenuhi komponen kelayakan. Lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis masalah dengan scaffolding menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan telah layak diujicoba dan mendapat respon yang sangat baik dari guru dan siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MARTA RIZA KURNIATI. AR
Date Deposited: 15 Dec 2020 08:00
Last Modified: 15 Dec 2020 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item