Yuli, - (2020) Hubungan antara Minat dan Dukungan Keluarga dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas X di SMK N 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
FULL SKRIPSI YULI (A1E116008).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (75kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi adanya perencanaan karier siswa untuk memilih pilihan karier setelah lulus dari sekolah sesuai dengan minat yang diinginkan dan mendapat dukungan keluarga. Sesuai dengan hasil analisis data awal pada tanggal 26 Oktober 2019 pada masa remaja harus memiliki perencanaan karier sesuai dengan minat dan mendapatkan dukunga keluarga agar mendapat pilihan karier yang terbaik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan minat, (2) Mendeskripsikan dukungan keluarga,(3) Mendeskripsikan perencanaan karier siswa,(4) Mendeskripsikan hubungan minat dengan perencanaan karier,(5) Mendeskripsikan hubungan dukungan keluarga dengan perencanaan karier,(6) Mendeskripsikan hubungan minat dan dukungan keluarga dengan perencanaan karier siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Negeri 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Sampling penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa secara daring sesuai dengan kriteria yang berjumlah 210 siswa. Setelah angket angket terkumpul, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase berdasarkan Kontinum Interval Normatif (KIN) dan korelasi berganda menggunakan SPSS Statistic 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa yang memiliki perencanaan karier sebesar 34,26% dengan frekuensi 72 siswa pada klasifikasi baik. Minat sebesar 32,86% dengan frekunesi 69 siswa pada klasifikasi sedang. Dukungan keluarga sebesar 35,71% dengan frekuensi 75 siswa pada klasifikasi sedang. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya teradapt hubungan minat dan dukungan keluarga dengan perencanaan karier sebesar 64,6% dalam arti kriteria penafisiran hubungan yang diberikan sedang hubungan memadai. Dari hasil penelitian disarankan agar pihak sekolah diharapkan lebih mendukung layanan bimbingan konseling di sekolah dan hendaknya memberikan materi tentang karier kepada siswa sejak sedini mungkin, sehingga ketika lulus siswa sudah memiliki perencanaan karier akan minat dirinya yang digunakan untuk jenjang karier yang akan diputuskan. Disamping itu, Guru BK agar dapat memprogramkan dan melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling secara optimal untuk memahami perencanaan karier siswa dan mengembangkan minat karier siswa itu sendiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yuli |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 03:49 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15372 |
Actions (login required)
View Item |