MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI PERMAINAN POHON HITUNG DI TK AN-NAHL KOTA JAMBI

SARI, DESI ARDILA (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI PERMAINAN POHON HITUNG DI TK AN-NAHL KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Desi Ardila. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun dalam Berfikir Simbolik melalui Permainan Pohon Hitung di TK IT An-Nahl Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., pembimbing (II) Dra. Kasmiati, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Berfikir Simbolik, Permainan Pohon Hitung. Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya melatih kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam berfikir simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berfikir simbolik anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan permainan pohon hitung, dan apakah terdapat peningkatan terhadap kemampuan kognitif anak dalam berfikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun di TK IT An-Nahl Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitiaan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas), dengan memiliki langkah-langkah yang meliputi penyusunan (RPPH), pelaksanaan tindakan, mengobservasi/mengamati, dan juga melakukan refleksi pada setiap pertemuannya. Data yang digunakan adalah jenis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK IT An-Nahl Kota Jambi sebelum adanya tindakan masih dalam kriteria mulai berkembang dengan persentase 29,2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 pertemuan I dengan menggunakan metode permainan pohon hitung, mengalami peningkatan dengan persentase 36,6% masih dalam kategori mulai berkembang, Kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam berfikir simbolik terjadi peningkatan namun belum mencapai tingkat ketuntasan. Pada pertemuan ke-III siklus I penulis mencoba untuk ikut serta dalam permainan pohon hitung dengan cara memberikan reward kepada anak agar anak lebih bersemangat hingga anak mengalami peningkatan dengan persentase 51,9% dalam kategori berkembang sesuai harapan. Persentase yang di inginkan sebenarnya belum penulis dapatkan, namun karena adanya wabah Covid-19 yang menyebabkan penulis tidak bisa melanjutkan pemberian tindakan, maka setelah penulis diskusikan dengan PS1 dan PS2 telah di izinkan untuk mengakhiri pemberian tindakan pada siklus I pertemuan ke-III dengan persentase akhir 51,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam berfikir simbolik di TK IT An-nahl dapat ditingkatkan dengan metode permainan pohon hitung, dengan kegiatan pendukung berupa peneliti memberrikan reward kepada anak.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., pembimbing (II) Dra. Kasmiati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Berfikir Simbolik, Permainan Pohon Hitung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESI ARDILA SARI
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:37
Last Modified: 16 Dec 2020 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item