ZUMI, AN NISAA (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP N 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
HALAMAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Zumi, An Nisaa. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP N 5 Kota Jambi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. M. Salam, M.Si, (II) Heri Usmanto, M.Pd Kata Kunci: Lingkungan, Keluarga, Minat, Belajar Minat adalah suatu rasa suka atau rasa ketertarikan pada suatu kegiatan yang ditunjukan dengan keinginan dan kecenderungan untuk memperhatikan kegiatan tersebut. Minat merupakan sumber motivasi seseorang sehingga minat itu besar pengaruhnya terhadap kegiatan yang dilakukan seseorang. Minat korelasi dengan belajar yakni suatu usaha untuk membangkitkan terhadap sesuatu yang menjadi kebutuhan untuk mencapai keberhasilan belajar. Lingkungan menjadi sumber belajar yang dapat membangun pengetahuan baru siswa melalui pengalaman empiris mereka, dan keluarga merupakan lingkungan pertama anak yang berisi orang-orang penting yang menjadi landasan bagi pola sikap dan perilaku diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PPKn di SMP N 5 Kota Jambi. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sehubungan dengan penelitian ini, pendekatan yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif yang berjenis survey. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan keluarga (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat belajar (Y) siswa kelas IX pada mata pelajaran PPKn di SMP N 5 Kota Jambi. Pengaruh yang ditimbulkan variabel lingkungan keluarga (X) terhadap variabel minat belajar (Y) memiliki arah yang positif. Hal tersebut dapat diketahui pada uji koefisien determinasi lingkungan keluarga terhadap minat belajar diperoleh nilai R= 0,666 menunjukan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar yang positif. Sedangkan R Square sebesar 0,443 memberi pengertian bahwa minat belajar dipengaruhi lingkungan keluarga sebesar 44,3% sedangkan sisanya (100%-44,3%= 55,7%) merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | AN NISAA ZUMI |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 06:36 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |