Arnawati, Maysela and Purnomo, Budi and Wahyuni, Anny (2020) NILAI-NILAI KARAKTER PERJUANGAN K.H AGUS SALIM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI MAYSELA ARNAWATI (A1A216011).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI-converted.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB I-,,.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN-,,.pdf Download (49kB) |
Abstract
ABSTRAK Arnawati, Maysela. 2020. Nilai-nilai Karakter Perjuangan K. H. Agus Salim Sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA: Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi,Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Perjuangan Agus Salim, Sumber Belajar Sejarah Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai karakter perjuangan Agus Salim sebagai sumber belajar sejarah di SMA dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana perjuangan Agus Salim dalam kemerdekaan Indonesia; 2) Nilai-nilai karakter pejuangan yang terdapat dalam tokoh Agus Salim; serta 3) Menjadikan nilai karakter perjuangan Agus Salim sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas XI di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder dengan teknik analisis data berupa analisis induksi melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Terdapat nilai-nilai perjuangan pada diri Agus Salim dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalur diplomasi sehingga mendapatkan pengakuan secara de facto atas kedaulatan Indonesia dari negara-negara sahabat seperti: Mesir, Arab Saudi, Siria, Libanon, Kerajaan Yaman dan Afganistan pada tahun 1947; 2) Terdapat empat nilai-nilai karakter perjuangan pada diri Agus Salim, yaitu: (a) Patriotisme;(b) Nasionalisme; (c) Rela berkorban; dan (d) religius. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penerapan nilai karakter Agus Salim sebagai sumber belajar sejarah di kelas XI SMA dilakukan dengan cara: 1) Memasukkan nilai pendidikan karakter ke dalam RPP, disesuaikan dengan pengembangan karakter prioritas di lingkungan sekolah melalui pengembangan materi sejarah, disediakan satu kolom untuk pengembangan nilai karakter RPP, kemudian memilah mana saja nilai-nilai karakter tokoh sesuai dengan KD pada materi yang relevan seperti: a) KD. 3.5 Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah; KD.3.8 Menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini, dan KD. 3.9 Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya, serta karakter tokoh juga dapat ditanamkan melalui program pengembangan diri dengan memberikan pertanyaan langsung kepada peserta didik seputar tokoh untuk menanamkan karakter berani; b) Mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam modul pembelajaran sejarah yang disusun oleh guru berdasarkan KD materi sejarah yang dikembangkan melalui karakter perjuangan Agus Salim; c) Mengajak peserta didik berwisata sejarah ke lokasi peninggalan sejarah yang dekat dengan mereka, seperti mengunjungi rumah peninggalan tokoh yang merupakan objek sejarah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CT Biography D History General and Old World > D History (General) D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Maysela Arnawati |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 08:00 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |