Syah, Norman (2020) Pengaruh Pemahaman Nilai-nilai Sejarah dan Sikap Sosial Terhadap Perilaku Toleransi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER NORMANSYAH.pdf Download (24kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (395kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
ABSTRAK Normansyah. 2020. Pengaruh Pemahaman Nilai-nilai Sejaran dan Sikap Sosial Terhadap Perilaku Toleransi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ekawarna, M.Psi. (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Nilai-nilai sejarah, Sikap Sosial, Perilaku Toleransi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaru pemahaman nilai-nilai sejarah dan sikap sosial terhadap perilaku toleransi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada September 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XI (sebagai data utama). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi karena nilai thitung (11,119) > ttabel (1,983) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi semakin tinggi pula. (2) Terdapat pengaruh sikap sosial terhadap perilaku toleransi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi karena nilai thitung (8,887) > ttabel (1,983) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi sikap sosial maka akan mengakibatkan perilaku toleransi semakin tinggi pula. (3) terdapat pengaruh bersama pemahaman nilai-nilai sejarah dan sikap sosial terhadap perilaku toleransi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi karena nilai Fhitung (67,837) > Ftabel (3,09) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah dan sikap sosial maka akan mengakibatkan perilaku toleransi semakin tinggi pula. Besarnya pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah dan sikap sosial terhadap perilaku toleransi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi adalah sebesar 57,3% sisanya 42,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru diharapkan lebih menanamkan dan memusatkan perhatiannya terhadap pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran sejarah dan mampu mengembangkan aspek sikap maupun perilaku melalui pembelajaran sejarah dalam hal ini adalah sikap sosial dan perilaku toleransi siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | NORMANSYAH |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:59 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15418 |
Actions (login required)
View Item |