PELITA, PUTRI CAHYANI (2020) PENGARUH KEGIATAN BERNYANYI DENGAN GERAKAN TERHADAP PERCAYA DIRI ANAK DI TK B KEMALA BHAYANGKARI 29 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Pelita, Cahyani, Putri. Pengaruh Kegiatan Bernyanyi dengan Gerakan Terhadap Percaya Diri Anak di TK B Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. (2) Dr. Kasmiati, M.Pd Kata Kunci: kegiatan bernyanyi, dengan gerakan, percaya diri. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada tanggal 19 Februari 2020 di TK B Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi didapatkan hasil bahwa secara umum, anak-anak tersebut sudah mulai menunjukkan percaya dirinya dengan baik. Namun, jika di perhatikan lagi berdasarkan indikator pencapaian percaya diri maka masih banyak anak-anak yang belum memenuhi indikator tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bernyanyi dengan gerakan terhadap percaya diri anak di TK B Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental. Dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan menilai sebanyak dua kali yakni sebelum diberi tindakan (Pretest) dan sesudah diberi tindakan (Posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Kemala Bhayangkari 29 Kelompok B. Sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelas kelompok B.4 TK Kemala Bhayangkari 29 yang berjumlah 18 anak. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t berpasangan (t-student) dan untuk mengetahui besar pengaruh kegiatan bernyanyi dengan gerakan terhadap percaya diri anak dalam penelitian ini, dapat diketahui dengan menggunakan rumus indeks N-Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai indeks N-Gain score terbesar 0,87 yang berarti > 0,70 maka pengaruhnya tergolong tinggi. Hasil uji t berpasangan (t-student) membuktikan bahwa Thitung > Ttabel yakni 31,650 > 2.110 dan sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat Pengaruh Kegiatan Bernyanyi dengan Gerakan Terhadap Percaya Diri Anak di TK B Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi telah terbukti benar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa bernyanyi dengan gerakan berpengaruh tinggi terhadap percaya diri anak di TK B Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing: (1) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. (2) Dr. Kasmiati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | kegiatan bernyanyi, dengan gerakan, percaya diri. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | PUTRI CAHYANI PELITA |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 06:56 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |