Rizka, Endang (2020) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Fisika Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (461kB) |
Abstract
Rizka, Endang. 2020. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Fisika Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2020/2021: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Analisis, Kemandirian Belajar, Siswa Penelitian bertujuan untuk mengetahui sikap kemandirian belajar yang dimiliki siswa kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan penyebaran angket kemandirian belajar secara online menggunakan google formulir. Data di analisis secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar siswa kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi terkategori baik dengan berdasarkan beberapa indikator kemandirian yaitu percaya diri dikategorikan cukup dengan persentase 59%, indikator disiplin diketegorikan baik dengan persentase 58%, indikator inisiatif dikategorikan baik dengan persentase 59%, indikator tanggung jawab dikategorikaan baik dengan persentase 39% dan indikator motivasi dikategorikan sangat baik dengan persentase 73%. Hasil terendah yang diperoleh yaitu indikator percaya diri dimana siswa belum memberanikan diri untuk bertanya dan menyampaikan pendapat, merasa tidak yakin atas kemampuan yang dimiliki sehingga siswa cenderung untuk menunggu dan mencontek jika diberi tugas oleh guru. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru berperan dalam membimbing proses pembelajaran dikelas, melakukan evaluasi terhadap kemandirian belajar siswa terutama pada sikap percaya diri dan inisiatif siswa. Sikap percaya diri dan berfikir secara inisiatif siswa perlu dilatih dan ditingkatkan lebih. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperbaiki dan memvariasikan teknik belajar mengajar dikelas, menggunakan media, metode serta model pembelajaran yang bervariasi yang akan membuat siswa merasa nyaman dan senang belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Endang Riska |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 04:07 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 04:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |