ZULCI, GIRVI NIVA (2020) Penerapan Model Pembelajaran Active Debate untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Mata Pelajaran PPKn dikelas XI IPA I SMA Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
skripsi lengkap girvi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover ivi.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
pengesahan ipi.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
Niva Zulci, Girvi.2020. Penerapan Model Pembelajaran Active Debate untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Mata Pelajaran PPKn dikelas XI IPA I SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi PPKn, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1)Drs. Irzal Anderson,M.Si,.Pembimbing (2) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Active Debate, Keterampilan Berargumentasi Berdasarkan data yang diperoleh peneliti di SMA N 11 Kota Jambi, bahwa terdapat beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya Keterampilan berargumentasi siswa kelas XI IPA I. Hal ini terlihat dari data lembar observasi keterampilan berargumentasi siswa pra siklus dengan nilai rata-rata 49%. Selain itu ditemukan fakta bahwa pembelajaran lebih terfokus pada guru dan siswa juga cendrung banyak diam pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berargumentasi siswa setelah penerapan model active debate pada pelajaran PPKn kelas XI IPA I SMA N 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga (3) siklus dengan sembilan (9) kali pertemuan dengan penelitian model Kemmis & Taggart. Konsep penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat (4) komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas XI IPA I. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran active debate pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan keterampilan berargumentasi siswa. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah ≥ 70. Keberhasilan ini dapat dibuktikan yaitu Setelah menerapakan model tersebut pada siklus I persentase keterampilan berargumentasi siswa dengan nilai rata-rata 55% dalam kategori cukup. Pada siklus II persentase keterampilan berargumentasi siswa meningkat lagi dengan nilai rata-rata 59% dalam kategori cukup dan pada siklus III keterampilan berargumentasi siswa naik secara signifikan dari siklus sebelumnya yaitu dengan nilai rata-rata 65,5% kategori baik.. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran active debate di kelas XI IPA I SMA N 11 Kota Jambi dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Girvi Niva Zulci |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:13 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |