Febdiansih, Imelza (2020) Efektivitas Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Fluida Statis di SMAN 13 Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (5kB) |
Abstract
Abad 21 menuntut peserta didik untuk memilliki keterampilan 4C, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan suatu keterampilan seseorang dalam menganalisis ide atau gagasan secara logis, reflektif, sistematis dan produktif untuk mengambil keputusan. Salah satu cara yang dapat memudahkan dalam membekali keterampilan berpikir kritis siswa dalam mempelajari materi fisika adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dinilai efektif untuk digunakan yaitu model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing). Model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) merupakan suatu model yang dapat menstimulus peserta didik untuk berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMAN 13 Kerinci. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 26,56 dan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 25,92 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 76,12 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 64,64. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sehingga keterampilan berpikir kritis pada materi fluida statis lebih efektif menggunakan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | IMELZA FEBDIANSIH |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 06:44 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15426 |
Actions (login required)
View Item |