PENGARUH METODE BERMAIN PASIF TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BUNDA HALIMAH KOTA JAMBI

AMIR, AYU SUFI (2020) PENGARUH METODE BERMAIN PASIF TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BUNDA HALIMAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Amir, Sufi, Ayu. Pengaruh Metode Bermain Pasif terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 tahun di TK Bunda Halimah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO (2) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd Kata Kunci:Bermain Pasif, Kemandirian. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada tanggal 06 Maret 2020 di TK Bunda Halimah Kota Jambi didapatkan hasil bahwa secara umum, anak-anak tersebut sudah mulai menunjukkan Kemandirian dengan baik. Namun, jika diperhatikan lagi berdasarkan indikator Kemandirian maka masih banyak anak-anak yang belum memenuhi indikator tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audio visual terhadap Kemandirian anak di TK Bunda Halimah Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental. Dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan menilai sebanyak dua kali yakni sebelum diberi tindakan (Pretest) dan sesudah diberi tindakan (Posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Bunda Halimah. Sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelas kelompok A TK Bunda Halimah yang berjumlah 15 anak. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t berpasangan (t-student) dan untuk mengetahui besar pengaruh audio visual terhadap Kemandirian anak dalam penelitian ini, dapat diketahui dengan menggunakan rumus indeks N-Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai indeks N-Gain score terbesar 0,75 yang berarti > 0,70 maka pengaruhnya tergolong tinggi. Hasil uji t berpasangan (t-student) membuktikan bahwa Thitung > Ttabel yakni 31,738 > 2.145 dan sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat Pengaruh Audio Visual Terhadap Kemandirian Anak di TK Bunda Halimah Kota Jambi telah terbukti benar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Audio Visual berpengaruh tinggi terhadap Kemandirian anak di TK Bunda Halimah Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (1) Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO (2) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bermain Pasif, Kemandirian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: AYU SUFI AMIR
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:54
Last Modified: 17 Dec 2020 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item