MENINGKATKAN PENGENALAN WARNA DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI

WILDA, WILDA (2020) MENINGKATKAN PENGENALAN WARNA DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Wilda. 2020. Meningkatkan Pengenalan Warna Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Metode Eksperimen Di Tk Pertiwi IX Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd., Kata kunci: pengenalan warna dalam pembelajaran sains, metode eksperimen Penelitian ini berlatar belakang yaitu pengenalan warna anak TK Pertiwi IX Kota Jambi masih belum berkembang secara optimal, terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru meminta anak untuk mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dan membedakan antara warna satu dengan yang lainnya, akan tetapi dari 13 anak hanya 5 yang bisa membedakan dan mengklasifikasikan benda berdasarkan warna namun ada 8 anak yang hanya mengikuti yang dicontohkan guru, melalui penerapan metode eksperimen diharapkan pengenalan warna dalam pembelajaran sains anak dapat berkembang dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengenalan warna dalam pembelajaran sains anak usia dini sebelum dan setelah adanya tindakan melalui penerapan metode eksperimen dan untuk mengetahui dapat meningkatkan pengenalan warna dalam pembelajaran sains melalui penerapan metode eksperimen di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Pengenalan warna merupakan suatu proses mengenali cahaya yang dipantulkan dari benda yang memberikan warna dan kemudian diterima oleh mata sebagai panca indera untuk mengartikan cahaya yang mengenai benda tersebut. Sedangkan metode eksperimen adalah suatu percobaan dimana anak diberi kesempatan untuk mengamati suatu objek membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri berdasarkan percobaan yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian berfokus pada anak di sentra bahan alam kelompok B TK Pertiwi IX Kota Jambi yang subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di kelas B3 yang berjumlah 13 anak, terdiri dari 6 laik-laki dan 7 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 3 kali pertemuan.Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar observasi yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan warna dalam pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun melalui penerapan metode eksperimen di TK Pertiwi IX Kota Jambi yaitu: dari pratindakan Dari pratindakan 26,25%, Siklus I Pertemuan Ke-1 29,56%, siklus 1 pertemuan ke-2 38,89% dan Pertemuan ke-3 47,83%. Pada Siklus II peningkatan pengenalan warna anak sudah menunjukkan pertemuan ke-1 73,22%, siklus II pertemuan ke-2 77,64%, akhir siklus II pertemuan ke-3 87,01% melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 80%. Pertemuan ke -3 mencapai 87,01%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengenalan warna dalam pembelajaran sains, metode eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WILDA
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:40
Last Modified: 17 Dec 2020 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item View Item