MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE CARD SORT DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI

SYARIHAN, SYARIHAN (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE CARD SORT DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)

Abstract

Abstrak Syarihan 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Card Sort Di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing (I) Dr. Indryani, M.Pd.I Dan Pembimbing (II) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd. Kata Kunci : Konsep Bilangan, Card Sort Penelitian ini berlatar belakang yaitu kemampuan konsep bilangan anak Di TK Pertiwi IX Jambi masih belum berkembang secara optimal, terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru memberikan contoh di papan tulis, pada saat kegiatan menyebutkan angka dan guru pun memerintahkan kepada anak untuk menyebutkan angka yang ada di papan tulis tadi akan tetapi, dari 12 anak hanya 5 anak yang mampu menyebutkan angka yang ditulis oleh guru dan 7 anak mengalami kesulitan dalam menunjukkan bilangan secara urut, anak baru mampu menyebutkan bilangan tanpa mengenal bentuk bilangan 1- 10, dan belum mampu menghubungkan antara jumlah benda dengan bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Kemampuan mengenal konsep bilangan sebelum dan setelah adanya tindakan melalui metode Card Sort (sortir kartu), dan untuk mengetahui dapat meningkatkan perkembangan dalam mengenal konsep bilangan pada kelompok A melalui metode Card Sort di TK Pertiwi IX Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan, penelitian ini berfokus pada anak di sentra persiapan kelompok A TK Pertiwi IX Kota Jambi yang subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 yang berjumlah 12 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket dan pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun melalui metode card sort di tk pertiwi IX Kota Jambi yaitu : dari pratindakan 25,43%, siklus I pertemuan ke-I 30.03%, siklus I pertemuan ke-2 39,23%, siklus I pertemuan ke-3 47,35%, dan siklus I pertemuan ke-4 54,12%. pada siklus II peningkatan kemampuan konsep bilangan anak sudah menunjukkan pertemuan ke-I 56,2%, Siklus II pertemuan ke-2 71,48%, Siklus II pertemuan ke-3 82,85%, akhir Siklus II pertemuan ke-4 melebihi kriteria nilai ketuntasan yaitu 90% pertemuan ke-4 mencapai 91,01%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Dr. Indryani, M.Pd.I Dan Pembimbing (II) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konsep Bilangan, Card Sort
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SYARIHAN
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:43
Last Modified: 17 Dec 2020 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item View Item