IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Sukmawati, Dewi Pratiwi (2020) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Biasa.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Pengesahan 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Sukmawati, Dewi Pratiwi. 2019. Implementasi Metode Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab terhadap Penguasaan Mufradat di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I (II) Abdul Muid, S.Pd.I., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui metode pembelajaran mufradat bahasa arab yang digunakan oleh guru di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. 2.) Mengetahui faktor yang menghambat dalam pembelajaran mufradat dan solusinya di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jumlah sampel 12 orang narasumber, dimana siswa dan guru sebagai objek penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni metode pembelajaran mufradat yang digunakan oleh guru di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi adalah metode Tanya jawab dan diskusi dan ditambah dengan menggunakan pemanfaatan waktu belajar mufradat di luar jam pelajaran. Namun mufradat yang dimiliki siswa masih sangat minim yang disebabkan oleh tidak adanya ketegasan hukuman bagi siswa yang tidak menghafalkan mufradat. Adapun faktor yang menghambat dalam pembelajaran mufradat ini adalah karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dinilai kurang pas dengan kondisi yang dibutuhkan oleh siswa. Sehingga guru menyadari akan hal tersebut dan memiliki solusi atas permasalahan tersebut yaitu: belajar dengan bermain, dan menggunakan media bergambar. Kata Kunci: Implementasi, Metode Pembelajaran Mufradat, dan Mufradat.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: DEWI PRATIWI SUKMAWATI
Date Deposited: 18 Dec 2020 02:55
Last Modified: 18 Dec 2020 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15457

Actions (login required)

View Item View Item