PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2016

SILALAHI, AGNES KEZIA and KUSWANTO, KUSWANTO and Syuhada, Siti (2020) PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2016. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI AGNES KEZIA 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER REPOSITORY.pdf

Download (925kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB I AGNES.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AGNES.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Silalahi, Agnes Kezia. 2020. Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2016: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Kuswanto, S.Pd, M.Si (II) Dr, Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata Kunci: Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kesiapan Mengajar Program yang mengembangkan kesiapan mengajar calon guru adalah program pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Rendahnya pengalaman mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi dapat dilihat dari mata kuliah yang dilaksanakan mahasiswa memahami situasi pendidikan hanya dari teori . mata kuliah PLP mahasiswa akan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengajar. PLP mempersiapkan seorang mahasiswa yang pada akhirnya akan menjadi seorang guru menjadi lebih siap melalui keadaan langsung disekolah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2016 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian model penelitian ex-post facto.. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi 2016 Universitas Jambi yang melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Adapun ukuran sampel pada penelitian ini adalah terdiri dari 97 mahasiswa, yaitu PLP Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Data tes dianalisis menggunakan analisis regresi dan pengujian hipotesis dengan uji T. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata kesiapan mengajar mahasiswa sangat tinggi sebesar 60% sedangkan rata-rata pengenalan lapangan persekolahan (PLP) sangat tinggi sebesar 66% . Dari hasil Analisis sederhana didapatkan hasil estimasi sebesar 0,579. Dan berdasarkan hasil hipotesis uji T diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 11,407 > 1,660 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Positif Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: AGNES KEZIA SILALAHI
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:58
Last Modified: 17 Dec 2020 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item