PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA N 8 KOTA JAMBI

Siregar, Liskayeni Romita and Ekawarna, Ekawarna and Syuhada, Siti (2020) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA N 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
skripsi full liskaayeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (596kB)
[img] Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi(1).pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Siregar, Liskayeni Romita. 2020. Pengaruh Pengaruh Interaksi Edukatif dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 8 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi., (II) Dr. Siti Syuhada, S.Pd. M.E Kata kunci: Interaksi Edukatif, Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Hasil belajar dapat menggambarkan kemampuan yang di peroleh peserta didik setelah proses pembelajaran terlaksanakan. Beberapa aspek yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah interaksi Edukatif, interaksi edukatif merupakan hubungan dua arah antara guru dengan anak didik dengan sejumlah norma sebagai mediumnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu disertai dengan persepsi siswa tentang kompetensi professional guru ekonomi yang baik membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara: (1) Interaksi Edukatif terhadap Hasil Belajar, (2) Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Ekonomi terhadap Hasil Belajar, (3) Interaksi Edukatif dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Ekonomi terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 93 siswa dari SMA Negeri 8 Kota Jambi. Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan interaksi edukatif terhadap hasil belajar ekonomi (2) terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang kompetensi professional guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi (3) terdapat pengaruh signifikan interaksi edukatif dan persepsi siswa tentang komptensi professional guru ekonomi secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 43,2%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: LISKAYENI ROMITA SIREGAR
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:56
Last Modified: 17 Dec 2020 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15463

Actions (login required)

View Item View Item