PENGARUH BERMAIN BALOK BANGUNAN TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI SUNGAI ABANG KAB. TEBO

HENDIKA SARI, KRISMA (2020) PENGARUH BERMAIN BALOK BANGUNAN TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI SUNGAI ABANG KAB. TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Krisma Hendika Sari. 2020. Pengaruh Bermain Balok Bangunan terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Sungai Abang Kab. Tebo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Sukendro, M.Kes, AIFO., (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata kunci: Balok Bangunan, Kemampuan Kerjasama Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada tanggal 10 Februari sampai 9 Maret 2020 di TK Negeri Sungai Abang Kab. Tebo didapatkan hasil bahwa secara umum, masih ada anak yang belum mampu bekerjasama dengan teman kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama, anak tidak dapat mengikuti kegiatan bermain balok bersama teman, anak tidak mau berbagi, anak kurang berinteraksi dengan semua teman. Anak hanya berinteraksi dengan teman-teman yang disukainya saja sehingga berdampak pada kurangnya koordinasi yang baik dalam kelompok, anak tidak mau membantu temannya, dan anak kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki khususnya kemampuan sosial-emosional anak dalam bekerjasama, serta anak lebih asyik bermain sendiri. Mereka cenderung egois atau tidak peduli dengan orang lain disekitarnya. Namun, jika diperhatikan lagi berdasarkan indikator pencapaian kemampuan kerjasama maka masih banyak anak-anak yang belum memenuhi indikator tersebut. Karena kemampuan kerjasama anak rendah, maka penulis memberikan solusi, yaitu dengan pembelajaran melalui bermain balok bangunan. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain balok bangunan terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Abang Kab. Tebo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimental dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Dimana terdapat satu kelas saja tanpa kelas pembanding yang masing-masing kelas akan dilakukan dua kali pengukuran yakni pretest dan posttest. Teknik sampling jenuh digunakan pada penelitian ini. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Alat analisis data menggunakan rumus N-gain dan Uji Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian menunjukkan dari uji Wilcoxon Match Pairs Test yang telah membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 2,262 sedangkan nilai Zhitung adalah 3,41 artinya Zhitung ˃ Ztabel. Selanjutnya tingkat efektifitas bermain balok bangunan terhadap kemampuan kerjasama yang menggunakan rumus N-gain termasuk pada kategori sedang (30 ≤ Ngain ≤ 70) dan memiliki nilai persentase sebesar 69% yang termasuk pada kategori cukup efektif (56% - 75%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain balok bangunan memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Abang Kab. Tebo.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Dr. Drs. Sukendro, M.Kes, AIFO., (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Balok Bangunan, Kemampuan Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: KRISMA HENDIKA SARI
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:20
Last Modified: 18 Dec 2020 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item