Cahya, Dyah Estyani (2020) PENGARUH KOMUNIKASI POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS JAMBI PADA PILPRES TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
INSYAALLAH FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
1. UPLOAD COVER.pdf Download (42kB) |
|
Text
12. UPLOAD LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (743kB) |
|
Text
5. UPLOAD BAB I.pdf Download (501kB) |
|
Text
9. UPLOAD BAB V.pdf Download (362kB) |
|
Text
10. UPLOAD DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
Abstract
ABSTRAK Cahya, Dyah Estyani. 2020. Pengaruh Komunikasi Politik Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Jambi Pada Pilpres Tahun 2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Komunikasi Politik, Instagram, Partisipasi Politik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masifnya penggunaan media sosial khususnya Instagram di kalangan mahasiswa prodi PPKn Universitas Jambi terlebih lagi media sosial Instagram tersebut dijadikan sumber informasi politik khususnya pada saat masa Pilpres tahun 2019. Adapun tujuan diadakan penelitian ini ialah untuk menguji apakah terdapat pengaruh komunikasi politik melalui media sosial Instagram terhadap tingkat partisipasi politik mahasiswa prodi PPKn Universitas Jambi pada Pilpres tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif yang secara umum dilakukan di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan model regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24, terbukti bahwasanya variabel komunikasi politik melalui media sosial Instagram (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi politik (Y). Adapun besaran pengaruh antar variabel secara analisis komunikasi politik melalui media sosial Instagram terhadap partisipasi politik dapat dilihat dari koefisien determinasi R² yaitu 0,409 artinya sumbangan efektif yang diberikan oleh komunikasi politik melalui media sosial Instagram terhadap partisipasi politik adalah sebesar 40,9% sementara sisanya 59,1% merupakan kontribusi variabel lain yang memberikan pengaruh terhadap tingkat partisipasi politik mahasiswa diluar variabel yang diteliti oleh peneliti.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | DYAH ESTYANI CAHYA |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 01:23 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 01:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15484 |
Actions (login required)
View Item |