Dahliya, Iis (2020) Deskripsi Sikap Kejujuran Dalam Hasil Belajar PPKn Siswa SMP Negeri 19 Kota JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (170kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf Download (41kB) |
|
Text
IIS_DAHLIYA_(A1A316038) repository (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dahliya, Iis. 2020. Deskripsi Sikap Kejujuran Dalam Hasil Belajar PPKn Siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing (2) Heri Usmanto S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Deskripsi Sikap Kejujuran Dalam Hasil Belajar PPKn Hasil observasi awal menunjukan beberapa masalah yaitu pada sikap kejujuran saat ulangan di sekolah dan di sebabkan hasil belajar PPKn siswa rendah dan tidak tercapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Deskripsi sikap kejujuran dalam hasil belajar PPKn siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Kota Jambi pada bulan Mei s/d Juli Tahun 2020. Responden penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Informan penelitian ini adalah guru kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX bidang studi PPKn, serta guru BK, guru Agama serta siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah pengumpulan data kualitatif yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah Deskripsi Sikap Kejujuran siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi bisa dikatakan masih rendah. Berdasarkan dari temuan penelitian dari wawancara peneliti, belum semua siswa mampu menerapkan nilai kejujuran dalam pembelajaran PPKn. Terlihat dari ulangan harian siswa banyak yang menyontek, dan pada saat daring, siswa mengerjakan tugas dan ulangan serta ujian dirumah belum tentu siswa itu yang benar-benar mengerjakannya jika dicerminkan dengan perilaku siswa di sekolah sebelum daring yang ketika guru lengah mereka saling menyontek. Kesimpulan penelitian ini adalah jika dilihat hasil belajarnya, dari pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 hasil belajar siswa masih rendah, namun setelah siswa melakukan remedial, nilai siswa dapat mencapai KKM, dan ditambah nilai tugas. Namun jika nilai hasil ulangan atau ujian, rata-rata masih banyak yang di bawah KKM. Hal tersebut berdasarkan klarifikasi dari guru PPKn SMP Negeri 19 Kota Jambi. Karena masih banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga guru perlu menambahkan nilai dari tugas, dan guru memberikan toleransi kepada siswa, dikarenakan hambatan pandemi covid-19 yang belum selesai pada saat ujian kenaikan kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | DAHLIYA |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 01:55 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 01:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15485 |
Actions (login required)
View Item |