Pengembangan Media Pembelajaran Cursor Maze Berbasis Strategi Murder Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi

PAROGA, TIRA (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Cursor Maze Berbasis Strategi Murder Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi TIRA PAROGA (A1A216016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
COVER 1.pdf

Download (36kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Paroga, Tira. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Cursor Maze Berbasis Strategi Murder Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas IX IPS SMAN 11 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs.H. Ekawarna, M.Psi., (II) Apdelmi, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Media Cursor Maze, Murder, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Perkembangan teknologi informasi saat ini terus mengalami kemajuan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran sejarah, hal ini membuat tidak tercapainya minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Cursor maze merupakan media yang terdapat didalam power point yang dirancang khusus untuk pembelajaran sejarah dengan pola penyajian game diharapkan dapat meningkatkan HOTS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk ; 1)Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran cursor maze berbasis strategi murder untuk meningkatkan HOTS siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi, 2) mengetahui media pembelajaran cursor maze berbasis murder dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan ADDIE Sebagai model pengembangan. Subjek dalam penelitian ini kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi berjumlah 30 siswa dengan instrument pengumpulan data berupa wawancara, penugasan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengembangan ini menunjukan bahwa media pembelajaran cursor maze berbasis strategi murder telah memenuhi syarat dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan presentase 94,6% dengan kategori “sangat baik”, ahli media dengan presentase 87,5 % dengan kategori “sangat baik”, ahli desain dengan presentase 89,28% dengan kategori “sangat baik”. Dari hasil angket respon siswa kelompok kecil 85% dan kelompok besar 87,2% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil dari nilai Pre-Test dan Post-Test didapatkan peningkatan presentase dari 59,33 menuju 87 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) mengalami peningkatan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: TIRA PAROGA
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:31
Last Modified: 18 Dec 2020 03:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15490

Actions (login required)

View Item View Item