Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 2 Kota Jambi

husein, Saddam (2020) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI - Saddam Husein I1A214018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI (saddam husein).pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)

Abstract

Saddam Husein, 2020. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi : Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I. Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun pemanfataan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan program pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan upaya yang lebih dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan strategi guru bahasa arab yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 2 Kota Jambi. (2) Untuk menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi. (3) Untuk menjelaskan faktor penghambat dan penunjang dalam peningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskritif kualitatif, yaitu berupa penerapan data secara tertulis mengeai data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut diatas yang telah diamati, dimana didalam hal ini penulis menggabarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, keberhasilan guru Bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 2 Kota Jambi sudah meningkat. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya sedikit kurang bersemangat mengikuti pelajaran Bahasa Arab dan memilih untuk keluar kelas, sekarang sudah membaik, giat belajar dan banyak membaca. Siswa yang biasanya hanya datang-duduk dan pulang, sekarang sudah berani bertanya dan menggemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Dan juga tercermin dari akhlak para siswa yang selalu taat kepada gurunya dengan bersalaman setiap jumpa. Artinya bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa tidak hanya akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh SMA Negeri 2 Kota Jambi untuk menjadi manusia yang berilmu karena sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kata Kunci : Strategi Guru, Peningkatan, Motivasi Belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: SADDAM HUSEIN
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:35
Last Modified: 18 Dec 2020 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15528

Actions (login required)

View Item View Item