PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN SPELLING PUZZLE TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN KOTA JAMBI

Putri, Heny Apriani (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN SPELLING PUZZLE TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN KOTA JAMBI. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
REVISI SKRIPSI HENY (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
cover heny.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Dokumen Pindaian.pdf

Download (403kB)
[img] Text
bab 1 heny upload.pdf

Download (402kB)
[img] Text
bab 5 heny upload (1).pdf

Download (157kB)
[img] Text
Dapus Heny.pdf

Download (22kB)

Abstract

Putri, Heny Apriani. 2020.Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Spelling Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI PUTRA DAN XI PUTRI Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd., (II) Dra. Refnida ,M.E. Kata kunci: Media Pembelajaran Crossword Puzzle, Spelling Puzzle, Hasil Belajar Hasil belajar dapat menggambarkan kemampuan yang di dapat peserta didik setelah proses pembelajaran yang mereka ketahui dan pelajari. Beberapa aspek yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat.Karena rendahnya nilai peserta didik maka peneliti tertarik untuk menerapkan media pembelajaran Crossword Puzzle dan Spelling Puzzle dikelas XI Putra dan XI Putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara: (1) Penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Putra, (2) Penggunaan media pembelajaran Spelling Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Putri. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Eksperimen, dan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental, yang dilakukan terhadap dua kelas sampel dengan memberikan perlakuan yang berbeda.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nurul iman yaitu sebanyak 34 siswa. Kelas XI Putra merupakan kelas Eksperimen 1 (Putra) dan kelas XI Putri merupakan kelas Eksperimen 2 (Putri). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua penggunaan media pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar, Namun, Penggunaan media Crossword Puzzle lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar.Hal tersebut terlihat pada hasil rata-rata penilaian kelas Eksperimen 1 (Putra) yaitu 81, dan dengan melihat hasil uji t-test dengan perolehan hasil koofisien thitung>ttabel (20,199>2,03693). Dan pada hasil rata-rata penilaian kelas Eksperimen 2 (Putri) yaitu 73,24, dan dengan melihat hasil uji t-test dengan perolehan hasil koofisien thitung>ttabel (9,976>2,03693). Kepada guru agar dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Jangan hanya menggunakan pembelajaran yang hanya menjelaskan, berceramah dan membaca tanpa adanya kombinasi dengan bahan pembelajaran lain seperti media pembelajaran, karena siswa lebih mudah bosan dengan pembelajaran yang seperti itu, siswa membutuhkan sesuatu yang membuat siswa tersebut merasa penasaran agar siswa menjadi antusias untuk memperhatikan sehingga siswa lebih memahami konsep materi yang disampaikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HENI APRIANI PUTRI
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:48
Last Modified: 18 Dec 2020 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15532

Actions (login required)

View Item View Item