handayani, kiki (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PENDEMI COVID -19 BELAJAR DARI RUMAH ( STUDI PADA SD NEGERI 37/IX RUKAM ). S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian sekunder berupa dokumen-dokumen yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pembelajaran di rumah di tingkat SD Negeri 37/IX Rukam. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 37/IX Rukam, yang terletak di Desa Rukam, RT. 03, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Sekolah Dasar Negeri 37/IX Rukam. Berdasarkan hasil penelitian SD Negeri 37/IX Rukam melakukan pembelajaran secara online, sekolah juga melakukan bimbingan kepada setiap guru dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kualitas peserta didik di sekolah. Sekolah juga berharap dukungan dari orang tua peserta didik agar dapat mendampingi anaknya dalam melakukan pembelajaran di rumah, paling tidak orang tua harus mempersiapkan segala kebutuhan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh. Dalam pelaksanaan pembelajarannya guru terlebih dahulu menjelaskan materi pelajaran kemudian guru memberikan tugas dan dalam rentan waktu seminggu peserta didik diharuskan menyelesaikan tugas dan setiap akhir minggu nantinya tugas tersebut dikumpulkan melalui email atau aplikasi group whatsapp. Selain itu setiap harinya peserta didik harus mengirimkan dokumentasi berupa foto atau video ketika mereka sedang belajar ke aplikasi group whatsapp. Namun dalam penerapannya siswa tidak menyukai pembelajaran jarak jauh karena siswa merasa materi yang di sampaikan kurang jelas. Orang tua siswa juga merasa tidak setuju dengan pembelajaran di rumah karena tidak menguntungkan bagi anak mereka karena jika belajar di sekolah anak bisa berinteraksi langsung dengan guru dan anak juga dapat bersosialisasi dengan teman-temannya. Adapun hambatan dalam penerapan pembelajaran jarak jauh adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang siapnya penyediaan anggaran dalam pembelajaran jarak jauh, keterbatasan penguasaan teknologi Informasi oleh guru dan siswa maupun orang tua siswa, dan akses internet yang terbatas
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KIKI HANDAYANI |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 07:44 |
Last Modified: | 22 Dec 2020 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15546 |
Actions (login required)
View Item |