EFEKTIVITAS PROGRAM DAUR ULANG SAMPAH RAMAH LINGKUNGAN (DALANG SARANGAN) DALAM PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewi, Sulviana and maryono, maryono and Hariandi, Ahmad (2020) EFEKTIVITAS PROGRAM DAUR ULANG SAMPAH RAMAH LINGKUNGAN (DALANG SARANGAN) DALAM PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
00 COVER dkk A1D115050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
01 BAB I A1D115050.pdf

Download (279kB)
[img] Text
02 BAB II A1D115050.pdf

Download (655kB)
[img] Text
03 BAB III A1D115050.pdf

Download (772kB)
[img] Text
04 BAB IV A1D115050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05 BAB V A1D115050.pdf

Download (152kB)
[img] Text
06 LAMPIRAN A1D115050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA A1D115050.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai karakter peduli lingkungan peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri No.74/XI Suka Makmur Kabupaten Muaro Jambi setelah dilakukannya observasi. Berdasarkan pernyataan kepala sekolah dan guru kelas, pernah ada program pemanfaatan sampah dalam bentuk program bank sampah, namun sudah terhenti setahun kebelakang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektivan program daur ulang sampah ramah lingkungan dalam mengembangkan nilai karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis statistis menggunakan product moment yang mengumpulkan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Kegiatan program yang dilaksanakan yaitu (1) Membuang sampah berdasarkan jenis sampahnya yaitu organis dan anorganis. (2) Mendaur ulang sampah plastik (botol, kemasan gelas minuman, dan lain-lainnya) menjadi kotak pensil,celengan, tirai dan pot tanaman. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan diperoleh hasil bahwa adanya keterkaitan antara program DALANG SARANGAN dalam pengembangan nilai karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan adanya perkembangan jumlah nilai perolehan pada nilai karakter peduli lingkungan sebesar 34% setelah dilaksanakannya program DALANG SARANGAN. Serta adanya korelasi positif sebesar 0,5945 antara efektivitas program DALANG SARANGAN dengan perkembangan nilai karakter peduli lingkungan peserta didik. Hal ini berarti semakin berkembangnya efektivitas program semakin berkembang pula karakter peduli lingkungan peserta didik. Apakah koefesiensi korelasi hasil perhitungan tersebut signifikan dapat digeneralisasikan atau tidak, maka perlu dibandingkan dengan r tabel, dengan taraf kesalahan 5% dengan kepercayaan 95%, dan N = 23, maka harga r tabel = 0,4132. Ternyata harga r hitung lebih besar dari r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi program DALANG SARANGAN efektif dalam mengembangkan nilai karakter peduli lingkungan kelas V Sekolah Dasar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SULVIANA DEWI
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:07
Last Modified: 21 Dec 2020 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15551

Actions (login required)

View Item View Item