PUTRI, ADE (2020) KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI KELAS VII B MTS JAUHARUL FALAH AL-ISLAMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Ade. 2019. Kemampuan Menulis Teks Fabel Menggunakan Media Gambar Berseri Kelas VII MTS Jauharul Falah Al-Islami: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. H. Larlen, M.Pd (2) Priyanto, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Fabel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks fable menggunakan media gambar berseri kelas VII MTS Jauharul Falah Al-Islami. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: Pertama, masih kurangnya keaktifan siswa. Kedua, siswa masih kurang dalam keterampilan menulis. Ketiga, suasana kelas yang membosankan. Penelitian ini dilakukan di MTS Jauharul Falah Al-Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VII B MTS Jauharul Falah Al-Islami. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal dalam menentukan unsur intrinsik teks fabel. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini (1) menilai satu persatu tulisan siswa oleh penilai 1 yaitu Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII B MTS Jauharul Falah Al-Islami dan penilai 2 (peneliti). Hasil penelitian ini dapat diketahui kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTS Jauharul Falah Al-Islami berpredikat mampu. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengolahan data kemampuan menulis teks fabel. Dari hasil pengolahan data tersebut, dapat diketahui kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII B berkualitas mampu. Hal ini terbukti dengan diperolehnya rata-rata dari penlai 1 dan penilai 2 sebesar 81,6. Dari kemampuan siswa tersebut mencapai 81,6 berdasarkan tabel penilaian interval nilai rata-rata kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII B MTS Jauharul Falah Al-Islami terdapat pada interval 75-84 dan berkriteria mampu. Ditinjau dari ketuntasan kriteria minimal (KKM) di MTS Jauharul Falah Al-Islami yaitu 75 nilai 81,6 termasuk nilai yang berkriteria tuntas. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk guru lebih memperbanyak pengajaran menggunakan media dan memvariasikan strategi yang tepat agar meningkatkan minat belajar siswa. Siswa juga harus dilatih memanfaatkan sarana dan prasarana.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing (1) Drs. H. Larlen, M.Pd (2) Priyanto, S. Pd., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Menulis, Teks Fabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ADE PUTRI |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 03:52 |
Last Modified: | 22 Dec 2020 03:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |