sriwijaya, danada and S.Pd, M.Pd, Dr.Muhammad Aali and S.Pd, M.Sc, Endarman Saputra (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Distributed Practice Terhadap Kemampuan Pukulan Chop Pada Pemain Tenis Meja Siswa SMP Negeri 18 Merangin. S1 thesis, FKIP.
Text
cover.pdf Download (336kB) |
|
Text
IMG-20201222-WA0009.pdf Download (192kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (439kB) |
|
Text
bab 12345.pdf Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (319kB) |
Abstract
ABSTRAK Danada Sriwijaya. 2020“Pengaruh Metode Pembelajaran Distributed Practice Terhadap Kemampuan Pukulan Chop Pada Pemain Tenis Meja Siswa SMP Negeri 18 Merangin”.Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Muhammad Ali, S.Pd, M.Pd (II) Endarman Saputra, S.Pd, M.Sc Kata kunci: Metode Pembelajaran Distributed Practice, Kemampuan Pukulan Chop. Kegiatan ekstarkurikuler yang diberikan di sekolah khususnya SMP Negeri 18 Merangin memberikan ruang yang besar bagi terciptanya kegiatan olahraga yang kondusif mengarah pada perkembangan olahraga prestasi secara maksimal, dimana selama ini agak terabaikan dibanding dengan klub-klub diluar institusi formal ini. SMP Negeri 18 Merangin adalah salah satu sekolah yang memiliki ekstrakurikuler tenis meja mencoba untuk mengembangkan prestasi tenis meja dengan memberikan pelatihan yang intensif dan fasilitas penunjang yang memadai serta mendatangkan pelatih guna pembinaan olahraga prestasi ini dengan tujuan untuk mendapatkan atlet- atlet yang mempunyai prestasi yang maksimal yang merupakan hasil pembinaan di sekolah. Dari fakta yang didapat kurun waktu lima tahun terakhir salah satu kendala yang dihadapi pelatih adalah kurangnya kemampuan pukulan chop yang di miliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran distributed practice terhadap kemampuan pukulan chop pada pemain tenis meja siswa SMP Negeri 18 Merangin. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian eksperimen, penelitian ekperimen merupakan penelitian untuk mengetahui ada dan tidak adanya akibat dari suatu yang dikenakan pada objek, sampel yang digunakan dalam peneitian ini menggunakan penelitian populasi karena jumlah populasi yang relative kecil sehingga semua jumlah populasi dijadikan sampel yang berjumlah 11 orang secara total sampling. Berdasarkan hasi analisis data diperoleh nilai L hitung untuk data tes awal dan tes akhir secara berurutan 0.1357 < L Tab 0,2671; 0.1212 < L Tab 0,2671. Maka berdasarkan analisis data ini dapat disimpulkan data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 4,10. Maka F hitung (2.39) > Ftabel (4,10) maka varian homogen. Untuk tarafnyata α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = (n – 1) = 10 diperoleh t hitung (7,17) > t table (1,8125). Dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran distributed practice terhadap kemampuan pukulan chop pada pemain tenis meja siswa SMP Negeri 18 Merangin.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | Danada Sriwijaya |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 07:02 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15593 |
Actions (login required)
View Item |