PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Puspita Sari, Anisa (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf

Download (454kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Puspita Sari. Anisa . 2020. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi”. Pembimbing I Dr. Rosmiati, S. Pd., M. Pd Pembimbing II Dr. Siti Syuhada, S.Pd, ME Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang peneliti laksanakan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi dari hasil observasi tersebut menemukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di ulangan harian sebagian siswa mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM yaitu 65. Hasil belajar yang di peroleh terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi hasi belajar siswa yakni intern dan ekstern. Faktor intern meliputi: faktor jasmaniah (kesehatan, cacat tubuh), faktor psikologis (intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kesiapan, kematangan). Faktor ekstern meliputi faktor keluarga, faktor sekolah (metode mengajar, kompetensi guru, kurikulum, cara belajar), faktor masyarakat (kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, tempat bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat)”. Tujuan penelitian ini pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru 〖(X〗_1), Motivasi Belajar 〖 (X〗_2), (Variabel terikat (dependen variabel), Hasil belajar (Y). sampel di ambil secara keseluruhan dengan jumlah sampel 41 siswa. Hasil penelitian penelitian ini pada hasil simultan besarnya F hitung untuk model regresi ini adalah 5.607 dengan harga signifikansi sebesar 0,003. Hal ini menunjukkan bahwa nilai F yang diperoleh tersebut signifikan karena harga signifikansinya yang diperoleh kurang dari 0,05 yang berarti ada Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Kesimpulan penelitian ini yaitu pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar F hitung 5,607 > 0.05. Sehinga persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan bagi pembaca tentang keterampilan mengajar dan motivasi belajar dan dapat dijadikan referensi penelitian tentang pengaruh keterampilan mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ANISA PUSPITA SARI
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:19
Last Modified: 05 Jan 2021 02:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item