Sabna, Aida (2021) Analisis unsur intrinsik puisi dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kemendikbud Tahun 2016. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB I aida.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
halaman judul (wangi).docx Download (142kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (1).docx Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK Sabna, Aida. 2020. Analisis Unsur Intrinsik Puisi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kemendikbud Tahun 2016: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Maizar Karim, M.Hum., (2) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd., Kata kunci: analisis, unsur intrinsik, puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik puisi seperti diksi, imajinasi, majas, bunyi, rima, amanat dan tema dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kemendikbud Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis. Metode ini dilakukan dengan cara menganalisis unsur-unsur yang kemudian disusul dengan mendeskripsikan isi yang terkandung di dalam puisi tersebut. Data penelitian ini diperoleh dengan cara studi pustaka berupa kata dan satuan-satuan kata dalam puisi “Aku ingin”, karya Sapardi Djoko Damono, puisi “Sajak Anak Muda” karya W. S. Rendra, puisi “Doa”, Karya Chairil Anwar, puisi “Sajak Matahari”, karya W. S. Rendra, puisi “Ibu”, karya D. Zamawi Imron, puisi “Dalam Diriku”, karya Sapardi Djoko Damono. Terdapat unsur intrinsic seperti, diksi terbagi empat yaitu, imaji visual, imaji gerak, imaji perasaan dan imaji auditif. Majas terbagi lima yaitu majas sarkasme, majas personifikasi, majas metafora, majas smili, dan majas pleonasme. Bunyi dalam puisi tersebut berbeda-beda yaitu terdapat pengulangan bunyi, dan rima patah. Rima dalam puisi tersebut menjadi tiga berdasarkan bunyi, berdasarkan letak-letak dan rima menurut rupanya. Amanat dalam puisi ini memiliki amanat yang berbeda-beda tetapi saling berkaitan dan tema di dalam puisi ini yaitu tentang kecintaan dan yang bersumber dari buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kemendikbud Tahun 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa puisi-puisi tersebut umumnya merupakan puisi yang menggunakan pilihan kata yang bermakna denotasi atau makna yang sebenarnya dan sedikit sekali menggunakan pilihan kata yang bermakna konotasi. Dalam hal ini, siswa tidak akan mengalami kesulitan dan tidak merasa terbebani untuk memahami makna pada puisi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat diperoleh unsure-unsur intrinsic adanya sinergi atau keterkaitan antar unsur yaitu, diksi, imajinasi, majas, bunyi, rima, amanat, dan tema yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas X Kemendikbud Tahun 2016 mampu dijadikan penunjang untuk membantu proses pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | AIDA SABNA |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 07:08 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |