PENGARUH PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF TERHDAP BERFIKIR SIMBOLIK ANAK DI TK AL-IKHLAS KOTA JAMBI

SARI, DWI JULITA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BERMAIN KREATIF TERHDAP BERFIKIR SIMBOLIK ANAK DI TK AL-IKHLAS KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Julita Sari. 2020.“Pengaruh Pembelajaran Bermain Kreatif Dalam Bidang Berfikir Simbolik” Tk Al-Ikhlas Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. K.A Rahman, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Bermain Kreatif, Berfikir Simbolik Kemampuan berfikir simbolik setiap anak tentu berbeda-beda. Jika daya berfikir simbolik pada anak kurang baik, maka akan membuat anak menjadi lebih sulit dalam mengikutipelajaran. Seperti yang dialamiolehanak TK Al-Ikhlas Kota Jambi. Dari total jumlah anak sebanyak 40 orang, sebanyak 15 orang anak belum mengerti mencocokkan lambang bilangan dan ada yang belum mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan. Selain itu masih terlihat kemampuan berpikir simbolik anak dalam berkreativitas yang perlu di tingkatkan, yaitu ada anak yang belum bisa mandiri seperti saat anak melakukan pembelajaran yang telah diberikan oleh guru anak menjelaskan/menceritakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran bermain kreatif dalam bidang berfikir simbolik anak di Tk Al-Ikhlas Kota Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh pembelajaran bermain kreatif terhadap berfikir simbolik anak di Tk Al-Ikhlas Kota Jambi?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran bermain kreatif dalam bidang berfikir simbolik anak di Tk Al-Ikhlas Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Danarjati tentang berfikir simbolik dan Herbert Spencer tentang bermain kreatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian regresi. Populasi dalam, penelitian ini adalah 40 anak. dan sampel dalam penelitian ini adalah 15 anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran bermain kreatif . Variabel terikat dalam penelitian ini adalah berfikir simbolik anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uju validitas,uji reabilitas, uji hipotesis, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukandiperoleh bahwa koefisien pengaruh sebesar 0,801 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dari perhitungan tersebut, koefisien rxy hitung sebesar 0,801 lebih besar dari r tabel sebesar 0.514 atau rhitung > rtabel (0,801 > 0.515). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh pembelajaran bermain kreatif dalam bidang berfikir simbolik anak di TK Al-Ikhlas Kota Jambi berpengaruh pada tafsiran yang sedang (Moderat Effect). Kesimpulan : Pembelajaran bermain kreatif berpengaruh terhadap berfikir simbolik anak di TK Al-Ikhlas Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. K.A Rahman, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bermain Kreatif, Berfikir Simbolik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: DWI JULITA SARI
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:09
Last Modified: 14 Jan 2021 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15675

Actions (login required)

View Item View Item