Amiiroh, Lesi and Syahrial, Syahrial and mansyah, alir (2020) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Sosial WhatsApp pada Pembelajaran Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ARTIKEL S LESI AMIIROH .pdf Download (491kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (478kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (505kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (290kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (322kB) |
Abstract
Persepsi adalah proses penerimaan rangsang (kualitas, objek, peritstiwa, maupun hubungan antar gejala) hingga rangsang itu dimengerti serta disadari. Respon individu terhadap suatu objek dapat diwujudkan berdasarkan tingkah laku dan bentuk sikap individu itu sendiri tentang apa yang dipersepsikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media sosial whatsApp pada pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media sosial whatsApp pada pembelajaran secara daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Data pada penelitian ini adalah deskripsi persepsi siswa terhadap penggunaan media sosial whatsApp pada pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19. Sumber data dalam penelitian ini siswa yang sedang menggunakan WA pada pembelajaran secara daring. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa persepsi siswa berbeda-beda namun mempunyai inti yang sama terhadap penggunaan whatsApp pada pembelajaran secara daring, baik terhadap fitur yang sering digunakan, fitur yang ingin digunakan, kelebihan dan kekurangan penggunaan whatsApp, hingga saran kepada guru. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang bervariasi mulai dari adanya suara, gambar, ataupun teks sebagai penjelas materi. Melakukan pembelajaran yang menarik dan bermakna akan berdampak baik pula pada hasil belajar siswa. Menggunakan fitur-fitur yang disenangi siswa. Menggunakan materi-materi yang ada pada website yang bisa diakses dengan WA. Mampu membuat variasi pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas atau fitur yang terdapat pada aplikasi whatsApp.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Lesi Amiroh |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 02:17 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15689 |
Actions (login required)
View Item |