PENGEMBANGAN MEDIA MUSIK INSTRUMENTAL BERBASIS VIDEO SEBAGAI PENGIRING DALAM MEMAINKAN INTERVAL NADA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Budiarto, Galih Tri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MUSIK INSTRUMENTAL BERBASIS VIDEO SEBAGAI PENGIRING DALAM MEMAINKAN INTERVAL NADA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI GALIH TRI BUDIARTO pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (492kB)
[img] Text
COVER (2).pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB I fix.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

Budiarto, Galih Tri. (2020) Pengembangan Media Musik Instrumental Berbasis Video Sebagai Pengiring Dalam Memainkan Interval Nada di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (II) Silvina Noviyanti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Media, Musik Instrumental, Interval Nada Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan prosedur Pengembangan Media Musik Instrumental Berbasis Video Sebagai Pengiring Dalam Memainkan Interval Nada di Kelas VI Sekolah Dasar danuntukmengetahuiketepatandankepraktisan Media Musik Instrumental Berbasis Video SebagaiPengiringDalamMemainkan Interval Nada di Kelas VI SekolahDasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan Borg and Gall, dengan subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 34/I Teratai. Data penelitian dan pengembangan diperoleh dari beberapa sumber yaitu: validasi materi dan validasi media. Kepraktisan produk diperoleh dari hasil uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan menggunakan model BorgandGall, tingkat validasi produk yang diperoleh dari validator materi nilai rata-rata 4,25 berada pada kategori sangat valid, dan validasi media diperoleh nilai rata-rata 4,3 berada pada ketegori sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari angket siswa dan guru. Angket respon guru diperoleh nilai rata-rata 4,5 berapada pada kategori sangat praktis dan angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 4,7 dan berada pada kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media Musik Instrumental Berbasis Video Sebagai Pengiring Dalam Memainkan Interval Nada di Kelas VI Sekolah Dasar tepat dan praktis serta dapat diuji cobakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Galih Tri Budiarto
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:42
Last Modified: 15 Jan 2021 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item