PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESMENT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP UNTUK KEGIATAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI SMP

Putra, Mecco Mandala and Sabil, Husni and Junita, Ranisa (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASSESMENT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP UNTUK KEGIATAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Mecco Mandala Putra_A1C216003.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Halaman Cover dan Halaman Sampul.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I - Mecco.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V - Mecco.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Mecco Mandala. 2020. Pengembangan Perangkat Assessment Kemampuan Pemahaman Konsep Untuk Kegiatan Project Based Learning pada Materi Koordinat Kartesius di SMP : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd., (II) Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Perangkat assessment, kemampuan pemahaman konsep, project based learning, koordinat kartesius. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat assessment kemampuan pemahaman konsep untuk kegiatan project based learning pada materi koordinat kartesius di SMP dan mendeskripsikan kualitas perangkat assessment yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat assessment. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam peneltian pengembangan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang diserhanakan menjadi sembilan langkah pengembangan antara lain penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk awal, revisi produk awal, uji coba terbatas, revisi produk uji coba terbatas, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Jambi pada 7 September 2020 sampai dengan 7 Oktober 2020. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran matematika, sembilan orang siswa kelas VIII dengan kriteria tinggi, rendah, dan tinggi sebagai subjek uji coba terbatas dan 31 orang peserta didik kelas VIII.I sebagai subjek uji coba lapangan. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi insturmen, lembar validasi ahli, angket respon pendidik dan peserta didik, serta hasil belajar yang ada pada penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa perangkat assessment yang dikembangkan mengalami revisi berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari validator,pendidik, dan peserta didik. Kualitas perangkat assessment yang dikembangkan dikategorikan baik, dikarenakan perangkat assessment memenuhi kriteria kevalidan diperoleh skor rata-rata yatu 79 dengan kategori kevalidan “sangat valid”, kriteria kepraktisan diperoleh skor yaitu 96 dengan kategori kepraktisan “sangat praktis” pada uji coba perorangan dan 60,78 dengan kategori kepraktisan “praktis” pada uji coba kelompok kecil, dan kriteria keefektifan pada perangkat penilaian aspek sikap sebesar 87,1%, perangkat penilaian aspek pengetahuan sebesar 83,87%, dan perangkat penilaian aspek keterampilan sebesar 80,65% maka dari itu perangkat assessment yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat assessment yang dikembangkan sebagai salah satu pilihan dalam proses pembelajaran di kelas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mecco Mandala Putra
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:37
Last Modified: 18 Jan 2021 02:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15714

Actions (login required)

View Item View Item