ULFA, PIQRIA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA EXTROVERT DAN INTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII F SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
0. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
jpg2pdf-1.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB I fix.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa, Piqria. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Extrovert Dan Introvert Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmetika Sosial di Kelas VII F SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M. Si (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Extrovert dan Introvert, Soal Cerita. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terutama menyelesaikan soal matematika bentuk cerita yang ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa extrovert dan introvert dikelas VII dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita serta mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa extrovert dan introvert dalam memenuhi tahapan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang siswa yaitu 2 siswa extrovert dan 2 siswa introvert. Dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah matematis yang diukur berdasarkan tahapan pemecahan masalah yaitu meliputi tahapan memahami masalah, tahapan merencanakan pemecahan masalah, tahapan melaksanakan pemecahan masalah dan tahapan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kepribadian extrovert (SE-1 dan SE-2) belum dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah dengan hanya dua tahap terpenuhi yaitu memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah. Siswa yang memiliki kepribadian introvert (SI-1 dan SI-2) sudah dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis secara urut yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Secara keseluruhan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan oleh peneliti pada tahapan melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Dilihat dari lembar jawaban pada tahapan melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali hanya dipenuhi oleh subjek introvert (SI-1 dan SI-2), sedangkan subjek extrovert (SE-1 dan SE-2) belum memenuhi tahapan melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PIQRIA ULFA |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 02:33 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |