Safira, Dinda Yulia and Arsil, M.Pd and Kurniawan, Agung Rimba S.Pd, M.Pd (2021) Implementasi Sistem Pembajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V B Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (502kB) |
Abstract
Pembelajaran Dalam jaringan (daring) merupakan sebuah proses pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh melalui media perantara berupa internet dan alat penunjang seperti gawai/Hp, guru dituntut melaksanakan pembelajaran secara daring sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 131/IV Kota Jambi, Kecamatan Telanaipura, Jambi. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada semester ganjil Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Media apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan Sistem pembelajaran dalam jaringan di Sekolah Dasar (2) Implementasi Sistem pembelajaran dalam jaringan di Sekolah Dasar (3) Apa saja hambatan yang terjadi didalam pelaksanaan sistem pembelajaran dalam jaringan di Sekolah Dasar (4) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan didalam sistem pembelajaran dalam jaringan di Sekolah Dasar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis Fenomenologi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru kelas V B, serta lima orang peserta didik kelas V B. Data dalam penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, lalu penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa : 1) Media Pembelajaran dalam jaringan yang digunakan diantaranya media Whatsapp, Zoom Metting, Google Form, dan Youtube 2) Pelaksanaan Pembelajaran terbagi menjadi tiga tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dimana pada tahap perencanaan guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pembelajaran dalam jaringan (daring), pada tahap Pelaksanaan Pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, inti, dan penutup dimana langkah-langkah pembelajarannya dilaksanakan sesuai dengan media pembelajaran yang digunakan serta pada tahap Evaluasi pembelajaran memuat penilaian kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan) yang disesuaikan dengan teknik penilaian pembelajaran dalam jaringan (daring) 3) Hambatan didalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan diantaranya materi yang kurang dipahami oleh peserta didik dan kurangnya motivasi belajar peserta didik. 4) Solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan, guru memberikan pembelajaran yang kreatif atau tidak monoton dan memberikan penguatan kepada peserta didik sebelum belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Dinda Yulia Safira |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 02:00 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |