Novianti, Ulfah and Syahrial, Syahrial and Kurniawan, Agung Rimba (2020) Pengembangan Modul Elektronik berbasis kearifan Lokal Tari Nek Pung menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional kelas IV Sekolah Dasar pada Tema 1. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover .pdf Download (196kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (680kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (802kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (330kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kearifan lokal merupakan suatu kebiasaan masyarakat setempat yang tentunya memiliki nilai-nilai luhur yang baik. Salah satu kearifan lokal yang ada di provinsi jambi, kabupaten tebo adalah kearifan lokal tari nek pung. Kearifan lokal tari nek pung memiliki nilai-nilai luhur yang baik, yaitu jangan berlarut dalam kesedihan dan selalu bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Kearifan lokal ini seharusnya terus dilestarikan. Perlu ada upaya untuk melestarikan kearifan lokal yang ada di Indonesia, salah satunya adalah diintegrasikan kedalam proses pembelajaran. bahan ajar yang mengandung kearifan lokal disekolah dasar masih terbatas pada bentuk buku saja.Sehingga perlu ada bahan ajar tambahan yang lebih menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul elektronik berbasis kearifan lokal tari nek pung menggunakan aplikasi 3D pageflip professional pada kelas IV sekolah dasar, kemudian menguji kevalidan dan kepraktisan dari modul yang telah dikembangkan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE , pada tahap awal peneliti melakukan beberapa analis, yaitu analisi kebutuhan, kurikulum, bahan ajar dan karakteristik peserata didik, analisis tersebut dilakukan untuk mendapatkan modul yang sesuai dengan yang diharapkan, kemudian merancang modul yang akan dibuat, lalu mengembangkan modul tersebut sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Setelah melakukan pengembangan, modul tersebut akan segera diuji validitas dan kepraktisannya. Hasil pada penelitian ini adalah Pada tahap pengambilan penilaian untuk menguji kevalidan dan kepraktisan modul yang telah dikembangkan, peneliti menemui 2 validator untuk menguji kebahasaan, media dan materi dan hasilnya modul tersebut dikatakan valid untuk digunakan, kemudian uji kepraktisan oleh guru-guru kelas IV sebanyak 3 guru, dan hasilnya adalah praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga modul yang telah dikembangkan tersebut dapat dikatakan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah modul lektronik yang telah dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Ulfah Novianti |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 06:34 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 06:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15821 |
Actions (login required)
View Item |