Analisis Permainan Tradisional di Daerah Tebo dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Nurdianti, Ida and Syahrial, Syahrial and Kurniawan, Agung Rimba (2020) Analisis Permainan Tradisional di Daerah Tebo dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover repository.pdf

Download (45kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, gambar, tabel, lampiran.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional pada saat proses pembelajaran dan juga pada kurikulum saat ini. Data dalam penelitian ini berupa data persentase pengetahuan guru, deskripsi cara guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional dalam pembelajaran dan kurikulum saat ini, serta deskripsi tentang kendala dalam mengimplementasikan perainan tradisional, yang didapat melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode mixed methode yaitu dengan mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dengan sampel dalam penelitian ini yaitu 18 guru yang berasal dari tiga sekolah yang berbeda di kabupaten Tebo kecamatan Rimbo Bujang tepatnya di Sekolah Dasar Negeri 190/VIII Perintis, Sekolah Dasar Negeri 126/VIII Perintis, Sekolah Dasar Negeri 73/VIII Perintis. Hasil dari penelitian ini mengenai tingkat pengetahuan guru dalam mengimplementasikan permainan tradisional dapat dikategorikan sedang dengan pemerolehan skor rendah sebesar 16%, skor sedang sebesar 55%, dan skor tinggi sebesar 27%. Hal ini membuktikan dengan adanya beberapa guru yang belum pernah mengimplementasikan permainan tradisional dalam pembelajaran maupun kurikulum saat ini, atau dengan kata lain tidak semua guru mengimplementasikan permainan tradisional dalam proses pembelajaran dan kurikulum saat ini. pada saat guru melakukan pengimplementasian permainan tradisional dibuktikan bahwa ada beberapa kendala yang kendala yang dihadapi, diantaranya yaitu waktu yang kurang, sarana dan prasarana yang terbatas, pengetahuan peserta didik yang rendah, siswa yang susah dikondisikan, dan tidak adanya pelatihan untuk guru mengenai pengintegrasian permainan tradisional dalam pembelajaran. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan pengetahuan guru tentang permainan tradisional maka guru dapat mengintegrasikan permainan tradisional dalam pembelajaran . oleh sebab itu pengetahuan tentang permainan tradisional sangat dibutuhkan oleh guru pada saat ini.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ida Nurdianti
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:35
Last Modified: 15 Jan 2021 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15828

Actions (login required)

View Item View Item