Tindak Tutur Direktif Dalam Percakapan Anak Usia Sekolah Dasar Di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo.

Fitri, Nur Haliza (2021) Tindak Tutur Direktif Dalam Percakapan Anak Usia Sekolah Dasar Di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri, Nur Haliza, 2021 Tindak Tutur Direktif Dalam Percakapan Anak Usia Sekolah Dasar Di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo, Pembimbing (1)Prof.Dr.Drs. Mujiyono Wiryotinoyo, M.Pd., Pembimbing (2) Dr.Drs.Aripudin, M.Hum. Kata Kunci: Pragmatik, Tindak Tutur Direktif, Anak Usia Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif dalam percakapan anak usia sekolah dasar di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo serta mengetahui faktor yang mempengaruhi tindak tutur direktif dalam percakapan anak usia sekolah dasar di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Villa Dahlia Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang anak perempuan dan 3 orang anak laki-laki. Hasil penelitian ini ditemukan 21 tuturan yang tergolong kedalam 9 jenis tindak tutur direktif yang terdiri dari tindak mengajak, tindak meminta, tindak mendesak, tindak memerintah, tindak menyarankan, memohon, tindak menantang, tindak memberi aba-aba, dan tindak menagih. Selain itu, ditemukan pula 5 faktor yang mempengaruhi tindak tutur direktif dalam percakapan anak usia sekolah dasar yaitu faktor keakraban, usia, pola asuh keluarga, situasi tutur dan psikologis. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk para pengajar, perlu memperkenalkan ilmu pragmatik yang diterapkan dalam proses pembelajaran untuk membantu dalam memahami makna ataupun menangkap makna pragmatik dari situasi tuturan. Selain itu bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan dapat melakukan penelitian yang sejenisnya, yaitu penelitian mengenai kajian pragmatik dengan berbagai aspek guna memperkaya penelitian pada bidang ilmu pragmatik. Kata Kunci: pragmatik, tindak tutur direktif, anak usia sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: NUR HALIZA FITRI
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:54
Last Modified: 18 Jan 2021 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15891

Actions (login required)

View Item View Item