Sahrozi, Muhammad (2021) MENGONSTRUKSI RANCANGAN PENILAIAN KOGNITIF PADA MATERI TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN INDIKATOR BERPIKIR KRITIS OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI MUHAMMAD SAHROZI (A1B117014).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (908kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (387kB) |
Abstract
ABSTRAK Sahrozi, Muhammad. 2021. Mengonstruksi Rancangan Penilaian Kognitif Pada Materi Teks Prosedur Mengunakan Indikator Berpikir Kritis Oleh Guru Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Rustam, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing (II) Hilman Yusra, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Rancangan Penilaian Kognitif, Teks Prosedur, Indikator Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Rancangan Penilaian Kognitif Pada Materi Teks Prosedur Menggunakan Indikator Berpikir Kritis Oleh Guru Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 1 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi Pada November 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia kelas XI (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data pendukung). Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum guru melaksanakan penilaian terhadap peserta didik, guru akan mempersiapkan rancangan penilaian yaitu menentukan rancangan penilian dan membuat instrument penilaian. Dalam penelitian ini guru hanya menggunakan dua indikator berpikir kritis dalam merancang penilaian kognitif yakni memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), dan menyimpulkan (inference). Hasil penelitian ini disarankan untuk guru sebagai tolok ukur agar kedepannya lebih ditingkatkan lagi mengenai pelaksanaan rancangan penilaian kognitif pada materi teks prosedur menggunakan indikator berpikir kritis. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk memenuhi dari lima indikator berpikir kritis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | MUHAMMAD SAHROZI |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 03:17 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |